Adab Makan dan Minum

Assalamu'alaykum Wr. Wb.


Makan dan minum adalah aktifitas yang sangat penting dalam hidup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir 50 % orang sakit disebabkan karena bersumber dari kebiasaan makan dan minum yang tidak sehat. Pola makan, jenis makanan dan kondisi tubuh seseorang sangat menentukan kesehatan seseorang.

Perlunya pemahaman yang utuh, bahwa islam mempunyai syariat termasuk bagaimana adab makan dan minum yang baik. Secara global makanan yang baik memenuhi kriteria halal/tidak haram dan Thayyib. Halal dari sisi memperolehnya harus baik, tidak batil, atau makanan haram. Makna Thayyib dilihat dari kandungan gizi dan zat makanan, cara memakan dan kapan harus memakan (food technology and life style in eat). Materi ini akan menjelaskan dalil-dalil makan dan minum dalam Al-Quran dan Hadist. Dengan pemahaman dalil-dalil tersebut akan mampu menjabarkan keutamaan menurut pandangan selain ibadah ritual, yaitu menjelaskan keuntungan adab makan dan minum menurut pendekatan ekonomi, sosial kemasyarakatan. Untuk mencapai kualitas hidup yang baik, sangat berkaitan dengan pola makan dan minum yang halal dan thayyib.

DALIL ADAB MAKAN DAN MINUM DALAM AL-QURAN DAN HADIST

1. Amru bin Abi Salamh ra berkata : Rasullulah SAW mengajarkan kepada saya bacalah bismillah dan makanlah dengan tangan kananmu, dan dari yang dekat-dekat denganmu. [HR Bukhari Muslim]

2. QS. 2 : 172-173 ; QS. 5 : 87-88 ; QS. 7 : 31

MENGETAHUI POLA MAKAN YANG BAIK DAN HUBUNGANYA DENGAN KESEHATAN

Dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari, ingatlah bahwa makan harus mendapat perhatian. Makanlah makanan yang halal, bergizi serta banyak minum air putih. Pola makan yang baik adalah pola makan yang seimbang. Dengan pola makan yang baik dapat mengimbangi kebutuhan asupan makanan sehingga daya tahan tubuh pun dapat terjaga (SEHAT).

HAL-HAL APA YANG PERLU DIPERBAIKI DALAM KEBIASAAN DIRI

Pola makan mahasiswa yang seringnya tidak teratur dapat mengakibatkan daya tahan tubuh menurun. Akibatnya mudah terserang penyakit. Untuk itu kebiasaan ini perlu dirubah, apalagi mahasiswa butuh stamina yang kuat dalam beraktifitas dengan jadwal kuliah yang padat atau mungkin rutinitas lainya. Selain itu, sering makan makanan siap saji juga perlu dihindari dll.

Wassalamu'alaykum Wr. Wb.

Post a Comment

Notes from Admin :
- Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel
- Tidak diperbolehkan Untuk Mempromosikan Barang Atau Berjualan
- Komentar dilarang mengandung konten sara, pornografi, kekerasan, pelecehan dan sejenisnya
- Bagi Komentar Yang Menautkan Link Aktif Dianggap Spam
- Silahkan Follow Blog ini 100% saya Akan Follow back

close