Mutiara Hikmah



#MUTIARA HIKMAH 1

Dari Abdullah bin Mas’ud ra, bahwa suatu hari Nabi SAW. lewat di dekat para sahabatnya. Beliau berkata kepada mereka :“Apakah kalian tahu, apa yang dikatakan Tuhan kalian?”. Mereka menjawab :“Allah dan Rasulnya lebih tahu”. Beliau bersabda :“Demi keperkasaan dan keagungan-Ku. Jika seseorang shalat pada waktunya, maka pasti Aku akan memasukkan dia ke surga. Tetapi siapa yang shalat tidak pada waktunya, jika mau, Aku akan merahmatinya. Jika mau, Aku juga dapat mengazabnya”. Diriwayatkan oleh Trabani dengan Isnad Hasan.

#MUTIARA HIKMAH 2

Dari Abu Hurairah ra, ia berkata :“Rasulullah SAW. bersabda :“Shalat yang paling berat untuk orang-orang munafik adalah shalat isya’ dan shalat fajar. Seandainya mereka tahu apa yang ada di dalamnya, niscaya mereka akan datang untuk melaksanakanya, meski harus merangkak. Aku sangat ingin shalat itu dilaksanakan. Kemudian aku akan memerintahkan seorang pria untuk (mengimami) shalat bersama manusia. Kemudian aku akan pergi dengan beberapa orang pria dengan membawa seikat kayu bakar kepada orang-orang yang tidak melaksanakan shalat. Lalu akan aku bakar rumah mereka dengan api”. Diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim.

#MUTIARA HIKMAH 3

Dari Abu Hurairah ra, ia berkata :”Rasulullah SAW. besabda:”Seandainya manusia tahu apa yang ada pada seruan (azan) dan barisan (shaf) pertama, maka jika mereka harus mengundi niscaya mereka akan mengundinya, seandainya mereka tahu apa yang ada pada hijrah, niscaya mereka akan berlomba-lomba melakukanya, seandainya mereka tahu apa yang ada pada shalat isya’ dan subuh, niscaya mereka akan datang melaksanakanya meski harus merangkak”. Diriwayatkan oleh Malik, Ahmad, Nasa’I, Bukhari dan Muslim.

#MUTIARA HIKMAH 4

Dari Ibnu Umar ra, ia berkata :”Rasulullah SAW. bersabda :”Shalat yang paling utama di sisi Allah SWT adalah shalat subuh berjama’ah pada hari Jum’at”. Hadits sahih diriwayatkan oleh Abu Nuaim dan Bukhari.

#MUTIARA HIKMAH 5

Dari Abu Darda ra, ia berkata :” Rasulullah SAW. bersabda :”Siapa yang meninggalkan shalat ashar dengan sengaja, maka gugurlah amalnya”. Hadits sahih diriwayatkan oleh Ahmad dengan Isnad sahih.

#MUTIARA HIKMAH 6

Dari Abu Zuhair Umarah bin Rubiyah, ia berkata :”Aku pernah mendengar Rasulullah SAW. bersabda :”Tidak akan masuk neraka orang yang shalat sebelum matahari terbit dan sebelum matahari tenggelam “ yaitu fajar dan ashar. Diriwayatkan oleh Muslim.

#MUTIARA HIKMAH 7

Dari Abu Hurairah ra, bahwa Rasulullah SAW. pernah bersabda :”Setan mengikat tengkuk salah seorang dari kalian ketika dia tidur dengan tiga ikatan. Ia memukul tiap ikatan dan berkata :”Malam panjang untukmu, tidurlah”. Jika dia bangun lalu berdzikir kepada Allah SWT, maka lepaslah satu ikatanya, Jika ia berwudhu, maka lepaslah satu ikatan lagi, jika ia shalat maka lepaslah  seluruh ikatanya. Lalu ia akan menjalani pagi hari dengan aktif dan jiwa yang baik. Tapi jika tidak, maka ia akan menjalani pagi hari dengan jiwa yang busuk dan malas”. Diriwayatkan oleh Malik, Bukhari dan Muslim, Abu Daud, Nasa’I dan Ibn Majah.

#MUTIARA HIKMAH 8

Dari Abdullah bin Sa’ib ra, bahwa Rasulullah SAW. shalat empat rakaat ketika matahari bergeser dari tengah langit sebelum dzuhur. Beliau bersabda :”Inilah saat ketika pintu-pintu langit terbuka, aku suka jika amal salihku diangkat ketika itu". Hadits sahih diriwayatkan oleh Ahmad dan Tirmidzi.

#MUTIARA HIKMAH 9

Dari Abdullah bin Amr ra, dari Nabi SAW., beliau bersabda :”Di surga ada sebuah kamar yang bagian luarnya terlihat dari dalam dan bagian dalamnya terlihat dari luar (tembus pandang)” Berkata Malik Al-Asy’ary :”Untuk siapa kamar itu wahai Rasulullah?”, Beliau menjawab :”Untuk orang yang baik ucapanya, memberi makan orang lain, dan beribadah di malam hari ketika manusia sedang tidur”. Hadits sahih diriwayatkan oleh Tabrani dan Hakim.

#MUTIARA HIKMAH 10

Dari Abu Hurairah ra, ia berkata :” Rasulullah SAW. bersabda :”Puasa yang paling utama setelah puasa Ramadhan adalah bulan Muharram, shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat malam”. Diriwayatkan oleh Muslim, Abu Daud, Tirmidzi, Nasa’I dan Ibn Khuzaimah.

1 comments:

Post a Comment

Notes from Admin :
- Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel
- Tidak diperbolehkan Untuk Mempromosikan Barang Atau Berjualan
- Komentar dilarang mengandung konten sara, pornografi, kekerasan, pelecehan dan sejenisnya
- Bagi Komentar Yang Menautkan Link Aktif Dianggap Spam
- Silahkan Follow Blog ini 100% saya Akan Follow back