Solusi Cerdas Menghadapi Kenaikan BBM ala Mahasiswa ITS

Assalamu'alaykum Wr. Wb.



Indonesia baru saja digemparkan dengan keputusan pemerintah terkait kenaikan harga BBM. Baru saja kemaren Senin malam, 17 November 2014, Presiden Jokowi Dodo secara resmi telah mengumumkan kenaikan harga BBM. Banyak pro dan kontra dari segenap masyarakat menanggapi kenaikan harga BBM ini. Sindiran juga banyak dilontarkan melalui media sosial dalam bentuk meme. Faktanya, sebagian besar masyarakat tidak setuju akan keputusan yang diambil pemerintah ini terutama di kalangan menengah ke bawah.

Sebagai mahasiswa ITS, saya mempunyai pandangan tersendiri terkait kenaikan harga BBM ini. Buat apa protes ini itu segala macam, toh nyatanya nasi sudah menjadi bubur kan? Protes hanya akan membuang energi kita saja secara sia-sia. Oleh karena itu yang bisa dilakukan adalah bagaimana caranya kita menyikapi kenaikan harga BBM secara postif. Bagaimana caranya kita mengurangi ketergantungan akan kebutuhan BBM atau bisa juga menggantinya dengan alternatif lain.

Untuk kalangan mahasiswa, tentu saja dengan kenaikan BBM berpengaruh besar terhadap kehidupan mereka sebagai mahasiswa. Apalagi mahasiswa perantau seperti saya, Bagi kami (mahasiswa) BBM sudah menjadi salah satu bagian terpenting dalam hidup. Kemudian akan timbul dampak-dampak akibat kenaikan harga BBM. Uang sepuluh ribu yang bisanya bisa untuk menghidupi kebutuhan kendaraan, sekarang tidak cukup. Akibatnya bisa mengurangi uang makan guna dialokasikan untuk kebutuhan kendaraan. Itu semua bisa menurunkan kebahagiaan mahasiswa hehe #agaklebay

Nah, berikut akan saya bagikan solusi cerdas menghadapi kenaikan harga BBM ala mahasiswa ITS :
  • Gunakan BBM Seperlunya Saja

Pergunakan kendaraan bermotor Anda sebijak mungkin. Tanpa disadari kita bisa menjadi sangat boros bensin karena terus-menerus menggunakan motor walaupun sebenarnya tidak terlalu perlu. Kurangi jatah jalan-jalan Anda yang memerlukan sepeda motor. Sebagai gantinya kita bisa pergunakan waktu untuk jalan-jalan tadi menjadi lebih positif dan bermanfaat. Misalnya silaturahim ke rumah teman, menulis, membaca buku dan masih banyak yang lainya. Tentunya yang tidak memerlukan kendaraan berbahan bakar minyak.

  • Beralih ke Sepeda Ontel

Beralih menggunakan sepeda ontel bisa menjadi alternatif yang cerdas untuk menghadapi kenaikan harga BBM. Selain tidak memerlukan bahan bakar minyak, bersepeda juga bisa membuat kita lebih bugar dan sehat dalam beraktivitas. 

Nah, kebetulan di ITS sendiri sudah disediakan penyewaan sepeda gratis untuk para mahasiswanya. Cukup dengan kartu peminjaman, kita sudah bisa menyewa sepeda secara gratis dengan proses yang mudah . Beruntunglah kalian wahai mahasiswa ITS haha :D (tersenyum bahagia). Selain itu, bersepeda juga lebih ramah lingkungan. Tidak seperti halnya motor yang menimbulkan asap polusi, bersepeda jauh lebih menyehatkan untuk kita dan lingkungan sekitar. Bayangan akan bebasnya kemcetan kota Surabaya akan terwujudkan jika semua bersepeda. Lagipula para penggiat bike to work juga sedang gencar mempromokan diri mereka bukan. Bersepeda sudah bukan lagi menjadi suatu hal yang mencerminkan kesederhanaan, tapi lebih ke gaya hidup.

  • Hindari Makan di Tempat-tempat Yang Menguras Dompet

Dengan kenaikan harga BBM, secara otomatis uang makan bagi mahasiswa perantau seperti saya akan berkurang beberapa persen. Oleh karena itu, kita sebagai mahasiswa harus bisa memanage keuangan kita sebaik-baiknya. Jika kita terus berperilaku boros, bukan tidak mungkin kita akan gagal melewati seleksi alam wkwk. Nah, tips dari saya adalah hindari makan di tempat-tempat yang bisa menguras dompet Anda. Makanlah di warteg-warteg yang sudah berhamburan di kompleks ITS. Kita juga harus berterima kasih kepada segenap warteg-warteg yang ada karena telah memenuhi rasa lapar kami dengan harga yang bersahabat. Coba bayangkan kalau tidak ada warteg, yang ada hanyalah KFC, Pizza Hut, AW, Hannamasa dl? haha ga kebayang kan...

Bagaiman jika tak mampu membeli makan?? Tenang saja. ALLAH menyediakan puasa sunah senin-kamis bagi mereka. Jika dirasa masih keberata,, ALLAH juga menyediakan puasa sunnah cara nabi daud: sehari puasa, sehari tidak, begitu seterusnya. Hasilnya adalah, badan akan menjadi lebih sehat. Jauh dari penyakit. Dan bagi mereka yang ingin menguruskan badan mereka kegiatan inilah yang paling cocok untuk dilakukan. Tak ada puasa yang menyakitkan bagi pelaksananya, setidaknya itu yang Rasulullah pernah sabdakan.

________________________

Jangan khawatir kawan, Allah selalu bersama kita. ALLAH tidak semiskin itu untuk memiskinkan juga para umat-Nya. Jadi, masih adakah yang haris dikhawatirkan masalah kenaikan harga Bahan Bakar Minyak inii??

/i don’t thnik so. . /


Wassalamu'alaykum Wr. Wb.

40 comments

Daripada jalan jalan yang cuma ngabisin BBM dan Isi Dompet, mendingan memanfaatkan Wifi gratisan di sekolah untuk blogging... hehehe

Reply

Itu kan kebutuhan gan. Pasti kita butuh itu untuk kehidupan kita gan wkwk. Jangan hidup untuk ngeblog, tapi ngeblog itu bagian usaha kita untuk hidup

Reply

Solusi yang cerdas,, tp efek kenaikan bbm ini hanya akan terjadi sementara karena bbm sudah menjadi kebutuhan primer di era sekarang ini

Reply

Tentu saja gan. Tetapi masih banyak energi alternatif lain yang bisa digunakan kok. Jadi bisa memiliki banyak opsi dan gak bingung kalo BBM lagi naik gini

Reply

Wihh, artikelnya keren bang. Solusinya brilian haha

Reply

mantappzz.. nikmatin ajaa..

Reply

Solusinya brilian ,,
#Lanjutkan gan ..

Reply

Semua itu tergantung pada pribadi masing-masing gan. Secerdas apapun solusinya kalo ga di aplikasikan ya percuma kan hehe

Reply

Kalau tidak ada sepeda ontel, bisa nebeng temen hahahah #triksesat

Reply

Itu kelewat cerdas wkwk. Memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan memang sudah menjadi suatu keharusan bagi mahasiswa

Reply

Wajib lah gan hehe. Terutama di kalangan mahasiswa kreatif!

Reply

Good job kang, hehe
salam kenal :)

Reply

Terima kasih sudah mau mampir gan. Salam kenal dari ane juga yaa :D

Reply

Apapun solusi cerdasnya yang penting tetap dengan positif dan kreatif agar mendapatkan inspirasi solusi cerdas lainnya dalam menghadapi naiknya harga BBM.

Reply

Thats it gan! I like it haha

Reply

siip itu gan,, ane suka yang Hindari Makan di Tempat-tempat Yang Menguras Dompet hehe..

Reply

pake sepeda onthel enak tuh. tapi kasihan kayak saya yang sekolahnya jauh, nggak sampe2 nanti :p

Reply

Ya cari kosan yang deket sekolahnya agan wkwk :D

Reply

updatean yg okee bt buat di simak ..blog nya up to date keren

Reply

tips ny keren wat mhasiswa..& wa setuju banget klo hrs naek sepeda yar lbih sehat
hahaha...

Reply

Suatu kebanggaan bagi saya pribadi kalo bisa nulis postingan secara rutin gan. apalagi ane orangnya susah banget buat nulis -_- hehe

Reply

Tapi yang repot itu kalo kampusnya agak jauh wkwk

Reply

Haha.. untung saya naik sepeda :)
Kunjungannya balik nya gan

Reply

Haha, makasih gan sudah mau mampir :)

Reply

Aku masih pakai sepeda ontel :D hehehe. Hemat uang juga :D Sangat bermanfaat (Y) terima kasih mas (Y)

Reply

untung lah kampus ane gx jauh gan,, jadi bensin gx terlalu boros deh..heheh

Reply

Enak itu kalo kampusnya deket, ngapain aja bisa jalan kaki atau naik sepeda haha. Hemat, sehat dan ramah lingkungan gan

Reply

Nice gan.Sangat bermanfaat infonya

Reply

Kepingin rasanya lihat Indonesia warganya mayoritas naik sepeda..

Reply

Sama dong gan, keliatan bersih sehat dan bebas polusi pula. dan pastinya sih bisa menghemat BBM kan...

Reply

beralih ke ontel jelas irit hehe

Reply

ide nya keren dan kreatif gan...

ditunggu kunjungan balik nya :
anandainformasi.blogspot.com

Reply

Kan mahasiswa gan? YA harus kreatif dan innovatif dong :D (Sok kreatif padahal biasa aja) wkwk

Reply

Naik sepeda lebih sehattt hahahhaa.... untung aja motor ane irit :D

http://shaggyweb.blogspot.com

Reply

Post a Comment

Notes from Admin :
- Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel
- Tidak diperbolehkan Untuk Mempromosikan Barang Atau Berjualan
- Komentar dilarang mengandung konten sara, pornografi, kekerasan, pelecehan dan sejenisnya
- Bagi Komentar Yang Menautkan Link Aktif Dianggap Spam
- Silahkan Follow Blog ini 100% saya Akan Follow back

close