5 Kelebihan Bekerja di PLN dibandingkan BUMN Lain

Assalamu'alaykum Wr. Wb.



Bekerja di BUMN merupakan impian banyak orang. Tak sedikit yang berlomba-lomba untuk bisa berkontribusi pada salah satu BUMN tersebut. Diantara daftar BUMN yang ada di Indonesia, PLN adalah yang terbesar karena memiliki aset senilai 1.300 triliun diikuti oleh PT Bank Mandiri (Persero)  dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero). Hal ini lah yang membuat PLN sangat diminati para pencari lowongan kerja khususnya mahasiswa-mahasiswi yang baru lulus dari kuliah.

Sumber daya manusia yang ada di PLN terdiri dari jajaran direksi, manajemen, hingga staf dan mitra kerja PLN. Mereka ini lah yang berada di garda terdepan layanan PLN untuk masyarakat, dalam upaya menerangi nusantara yang sampai saat ini tingkat kelistrikan di Indonesia masih belum mencapai 100%. Mereka lah yang rela tidak pulang di hari raya untuk mewujudkan program 35.000 MW, menjaga mesin-mesin pembangkitan, gardu induk, hingga aset PLN lainnya yang termasuk dalam objek vital nasional.

Nah, berikut akan saya paparkan 5 kelebihan ketika kamu menjadi pegawai PLN dibandingkan BUMN lain. Cek this out!

BUMN PALING FLEKSIBEL



PLN merupakan BUMN yang paling banyak menerima pegawai dari berbagai jurusan / bidang keilmuan. Mulai dari teknik elektro yang erat kaitannya dengan ilmu kelistrikan sampai jurusan ekonomi yang kita tahu kebanyakan lulusannya biasa bekerja di Perbankan. Ketika kalian sudah menjadi pegawai PLN, maka kalian harus siap ditempatkan dimanapun dan dengan jabatan apapun. Tak menutup kemungkinan yang berasal dari jawa akan dilempar ke bagian paling timur Indonesia. Tak jarang juga yang mulanya hanya belajar teknik elektro saja justru mendapat jabatan di bidang pembangkitan. Wow, gak ketebak kan??? Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa PLN adalah perusahaan yang sangat fleksibel.

JAMINAN KESEHATAN TERBESAR

Mungkin gaji karyawan PLN tidak sebesar BUMN yang lain. Yah bisa dikatan cukup lah. Cukup pas buat modal ngelamar anak orang, Cukup pas mau beli rumah, cukup pas mau beli mobil haha alhamdulillah serba cukup kok. Tapi untuk masalah kesehatan, PLN tak main-main. Sebelum jadi pegawai saja, kalian harus melewati rentetan tes kesehatan yang terbukti banyak memakan korban ( menggugurkan peserta). Pastilah mereka yang sudah diterima sebagai pegawai PLN mempunyai tingkat kesehatan yang prima.


Hasil gambar untuk jaminan kesehatan plnHasil gambar untuk jaminan kesehatan pln


Begitupun setelah kalian menjadi pegawai. PLN tidak serta merta melepas tanggungjawab akan kesehatan para pegawainya. Bekerja dalam keadaan bertegangan maupun pekerjaan lapangan yang memerlukan fisik prima butuh pelayanan kesehatan yang memuaskan. Oleh karena itu PLN memberi beberapa fasilitas kesehatan kepada para pegawainya antara lain kartu BPJS kesehatan, kartu PLN sehat, jaminan kacamata, dan pelayanan kesehatan gratis di beberapa rumah sakit yang bekerjasama dengan PLN. Pokoknya tidak ada alasan untuk tidak sehat. Hehehe, mantab bukan :D

KESEJAHTERAAN TERJAMIN




Yah, seperti perusahaan BUMN lainnya, PLN sangat memperhatikan kesejahteraan pegawainya. Mulai dari gaji pokok, bonus, hingga tunjangan kesehatan yang dijamin hingga 2 orang anak dan istri/suami nya. Kalau dihitung-hitung gaji yang dibayarkan PLN bisa sampai 20-24 kali setiap tahunnya. Tapi ya semua itu juga tergantung pengelolaan keuangan dan gaya hidup kita. Banyak juga pegawai yang sudah puluhan tahun mengabdi tapi belum punya apa-apa lantaran gaya hidupnya yang boros. Intinya terus bersyukur kepada Allah SWT niscaya akan bertambah juga rejeki kita. Oleh karena itu buat ibu-ibu di luar sana jangan ragu-ragu memilih pegawai PLN sebagai calon mantu idaman. Listrik aja dijaga terus agar tetap menyala, apalagi istrinya pastilah akan didampingi sampai maut menghampiri dengan segenap jiwa dan raga. Ecieeeehhh....

BANYAK TEMAN, RELASI DAN BISA KELILING INDONESIA

PLN merupakan wadah atau tempat bertemunya pegawai dari berbagai pelosok negeri ini. Dari sabang sampai merauke, dari miangas sampai pulau rote. Mereka berkumpul menjalin hubungan, satu tekad, satu tujuan untuk membangun negeri. Kalian akan mendapatkan banyak teman disini. Selain itu juga relasi dari berbagai elemen-elemen pemerintah dimana tanpa adanya kehadiran PLN pasti elemen-elemen pemerintahan tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya.


Selain teman dan relasi, kalian juga bisa keliling Indonesia tanpa biaya lho. Ternyata, dengan menjadi pegawai PLN, besar peluang untuk bisa jalan-jalan keliling Indonesia, lho! emang bisa? Belum lama saya menjadi pegawai, tapi sudah bisa menginjakkan kaki di lebih dari satu pulau di Indonesia antara lain Pulau Sulawesi, Buton hingga wakatobi. Apalagi kalau kita ditugaskan di luar pulau, tidak ada biaya sepeser pun yang keluar dari kantong alias ditanggung kantor (gratis). Wow, mantab mentong yaah...


LADANG PAHALA



Setiap pegawai PLN mencurahkan setiap tenaga dan pikirannya untuk melaksanakan perannya masing-masing menjaga dan meningkatkan layanan untuk masyarakat dalam hal kelistrikan. Beruntunglah kalian nanti yang bisa bekerja di PLN. Disini kita bisa jadikan sebagai ladang pahala/amal. Banyak yang bisa kita perbuat untuk masyarakat. Mulai dari urusan administrasi, teknologi informasi, mesin-mesin pembangkit, hingga urusan “mantengin” dispatcher yang karena sangat pentingnya tidak boleh ditinggalkan total walaupun semenit. Ketika listrik rumah mereka padam, kemudian melapor ke kantor dan kita yang melayaninya sampai listrik menyala kembali. Ketika ada suatu desa yang belum ada listrik, kita datangi kemudian kita survey untuk diusulkan penambahan jaringan sampai mereka bisa menikmati listrik. PLN juga sering memberikan promo tambah daya untuk para pelanggannya agar peralatannya bisa menyala dengan maksimal. Dan masih banyak lagi...


Oke, kritik dan saran silakan tulis di kolom komentar. Apalagi kalau ada kelebihan-kelebihan lain maupun kekurangan selama menjadi pegawai PLN yang belum ditulis, silakan dibagi. Thanks and see you guys!


Wassalamu'alaykum Wr. Wb.

9 comments

Mantab Mentong..... La Uding....temannya La Daeng.....

Reply

Keren gan, kunjungi juga blankxtekno.id ya

Reply

Makasih kunjunganya, blog ente juga mantab. Terus berinovasi ya ...

Reply

Saya kebetulan bekerja di PLN dan saya sangat bersyukur sekali bisa bekerja di sini. Selain gajinya yang cukup, fasilitas kesehatannya juga paling lengkap. Karena saya dari jurusan teknik elektro, saya bisa kembangkan ilmu-ilmu kelistrikan saya di sini.Salam buat teman-teman PLN di seluruh pelosok nusantara :D

Keep posting, Wassalam...

Reply

mantap juga kerja di pln ini ya :o

Reply

Semangat melistriki nusantara gan.

Reply

Halo gan. Makasih infonya gan. Simple dan lugas. Btw, kalo udah keterima, ada yg dibolehin izin lanjut studi gak sih gan, soalnya lulus beasiswa luar gitu misalnya. Makasih :)

Reply

Inshaallah dibolehin lanjut studi gan. Itu juga salah satu keperluan untuk perkembangan karir pegawai. Aapalagi kalau agan berprestasi dibidangnya, pasti cepet bgt karirnya naik :D

So, that's all...

Reply

Post a Comment

Notes from Admin :
- Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel
- Tidak diperbolehkan Untuk Mempromosikan Barang Atau Berjualan
- Komentar dilarang mengandung konten sara, pornografi, kekerasan, pelecehan dan sejenisnya
- Bagi Komentar Yang Menautkan Link Aktif Dianggap Spam
- Silahkan Follow Blog ini 100% saya Akan Follow back

close