Sosok Idola, Penuntun Jalan Menuju Surga

Assalamu'alaykum Wr. Wb.




Engkau mengenalnya insan yang utama (siapakah kiranya?)
Lelaki pilihan menjadi utusan
Dia menunjukkan jalan kebenaran (Muhammad kukira)
Baik hatinya (baik hatinya)
Santun perangainya (sungguh santun perangainya)
Jujur katanya (tak pernah dusta)
Kita menyayanginya ( bershalawatlah baginya)
Dia teladan bagi kita semua (dialah teladan kita)
Sebagai karunia yang diberikan Allah bagi semua 
Muhammad namanya, ikuti jalannya

Setiap kita memerlukan panutan; seperti tak kenal usia, keteladanan selalu kita butuhkan. Anak-anak kita butuh idola, karenanya kita mengenal acara Idola Cilik atau Kids Choice Award. Kita pun kadang-kadang terlanjur mencintai siapa saja yang sudah menjadi idola, panutan, dan teladan bagi kita. Karenanya, segala rintangan kita hadapi demi sang idola, sebab panutan dan keteladanan tak pernah bisa dipisahkan dengan cinta dan kerinduan. Kita selalu rindu dan cinta dengan apa saja yang kita idolakan.

Sekarang ini sudah banyak idola-idola baru yang muncul ditengah-tengah kehidupan kita. Tak peduli apapun latar belakang dan profesinya, mereka bisa menjelma menjadi seorang idola baru. Mulai dari artis, pemain bulu tangkis, pemain sepak bola, penyanyi, hingga para juru masak terkenal. Apapun profesinya, asalkan sudah menarik hati pasti banyak penggemarnya. Dari mulai anak kecil hingga lansia, semuanya pasti memiliki idolanya masing-masing.

Lalu, pernahkah kita menempatkan Muhammad SAW, sang Kekasih Allah, sebagai panutan kehidupan? Jika iya, tanyakan sekali lagi pada diri kita, apa yang kita tahu tentang sosok panutan kita. Teramat rugi jika kita yang hanya bisa mencintai dan merindukanya, tetapi tak mampu dengan segenap hati untuk meneladaninya.

Muhammad, sang Nabi, pembawa pesan Allah, hidupnya semasa kecil berada dalam keyatiman. Muhammad tak pernah melihat ayahnya, meski demikian tak pernah mengurangi sedikitpun cinta-kasihnya kepada sang ayah. Ditinggal ibunya saat masih kecil, tapi tak pernah sedikitpun membuatnya lupa bahwa ibulah yang tiga kali beliau sebut ketika ada yang bertanya kepadanya, "Siapakah yang harus aku hormati?" Lalu, bagaimana Muhammad SAW. mengungkapkan rasa syukurnya atas dekapan Allah saat ia menjalani hari-hari sebagai yatim? Terkenal dalam hadisnya, "Aku dan anak yatim sedekat ini di surga nanti." Sedekat jari telunjuk dan jari tengah. Begitu dekat, bahkan tak ada sekat yang memisahkan.

Muhammad adalah idola dari segala idola yang ada. Dalam beberapa buku tentang siapa saja tokoh paling berpengaruh didunia, Muhammad adalah yang nomer 1. Beliau merupakan pribadi yang bisa sukses dalam segala bidang kehidupan. Walaupun beliau sudah dijamin masuk surga oleh Allah SWT, beliau masih sering menangis dan bertobat atas segala kesalahan yang tidak beliau sengaja. Beliau juga sangat mencintai dan menyayangi umatnya, melebihi cintanya kepada dirinya sendiri. Bahkan ketika sakaratul maut akan menjemput Muhammad, beliau masih saja berdoa untuk keselamatan umatnya. Begitu total cinta sang Nabi kepada umatnya walau terkadang banyak umatnya sendiri membuat beliau sedih.

Sudah sepatutnya kita sebagai umatnya menjadikan beliau sebagai sosok idola kita. Seseorang yang bisa memberi syafaatnya kepada umatnya kelak di hari kiamat. Segala perkataan yang keluar dari mulut beliau, perbuatan dan ketetapanya wajib kita teladani dan ikuti tidak lain tidak bukan agar kita selamat di dunia dan akhirat.

Kerinduan kita kepada Rasul Saw. harus begitu tulus dan mendalam. Tak boleh meluntur hanya karena kita tak pernah sekalipun berjumpa dengannya. Tak boleh meredup hanya karena ia tak pernah menampakkan wajahnya kepada kita. Bukankah kerinduan yang terpendam akan melahirkan cinta yang begitu mendalam? 

Karenanya, agar kita mendapatkan cinta Allah dan cinta Rasul Muhammad Saw., munajatkanlah doa berikut ini setiap kali selesai menunaikan ibadah...


*****
Duhai Allah, aku memohon curahan cinta-Mu dan cinta dari orang-orang yang begitu teramat mencintai-Mu. Aku juga memohon curahan amal yang dapat mengantarkan diriku kepada sikap dan hati yang mencintai-Mu. Duhai Allah, jadikanlah cinta kepada-Mu ini lebih tertanam dalam jiwaku melebihi kecintaanku kepada diri sendiri dan keluargaku.

*****


Wassalamu'alaykum Wr. Wb.

22 comments

Terimakasih, semoga bermanfaat :)

Reply

iya nih gan lagi seneng-senengnya nulis. dikit-dikit juga sambil dakwah bukan? ibaratnya tuh sambil menyelam minum air hehe

Reply

artikel yg sangat bermanfaat..
thanks gan infonya :)

Reply

Semoga jadi idola kita semua ya kawan. Kita ikuti semua ajranya dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari ._.

Reply

ini yang nama nya benar2 idola :)

Reply

Rasul saw memang mahluk yang paling sempurna bahkan pada zaman nabi adam dan siti hawa,mas kawin nya mereka ialah membaca shalawat nabi saw ...bayangkan coba orang nya belum ada tapi nama nya sudah di sebut oleh manusia pertama di bumi

Reply

Setuju ane gan. Muhammad itu memang super spesial di mata dunia. Bahkan yang tidak termasuk umatnya masih tetap menyegani beliau. Kalo kita ngaku cinta ya harus mengikuti segala perkataan, tindakan dan ketetapan beliau.

Reply

sangat bermanfaat, thanks info nya gan

Reply

Kunjungan balik...mantabbb

Reply

ane nyimak .....gan
artikel yg menarik ..........!!

Reply

Jaman sekarang anak- anak sudah melupakan sosok Nabi Muhammad SAW, mereka lebih suka dengan tokoh2 artis.

Reply

Setuju banget ane. Itu karena orang tua mereka lebih mengenalkan sosok artis ketimbang Nabi Muhammad kepada anak-anak mereka. Akibatnya ya anak itu akan lebih mengidolakan artis daripada sosok sang Nabi

Reply

sungguh bermanfaat mas..
mksih ya mas...
tp ngomong" ini kok sama ya template kita .. :P

Reply

Insyaallah kita semua akan mendapat syafaat dari Rasulullah SAW :)

Reply

Sama-sama. Haha masak sih? berarti jodoh ya kita ._.

Reply

Tak ada satu umat pun yang tidak menginginkan syafaat dari beliau gan. Hanya syafaat beliau yang bisa menolong kita kelak

Reply

idola saya sekarang nabi Muhammad saw. kalau sebelumnya kaka, hihi :)

Reply

Post a Comment

Notes from Admin :
- Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel
- Tidak diperbolehkan Untuk Mempromosikan Barang Atau Berjualan
- Komentar dilarang mengandung konten sara, pornografi, kekerasan, pelecehan dan sejenisnya
- Bagi Komentar Yang Menautkan Link Aktif Dianggap Spam
- Silahkan Follow Blog ini 100% saya Akan Follow back

close