Yang Muda Yang Bermanfaat

Assalamu'alaykum Wr. Wb.


ANTARA KEWAJIBAN DAN KEBUTUHAN

Seorang pemuda berjalan melewati sungai tanpa sengaja melihat wanita paruh baya membawa sebungkus kantong plastik besar warna putih. Wanita ini melemparkan kantung plastik tersebut ke arah sungai. Pemuda yang tidak sengaja melihat perbuatan nenek tersebut hanya terdiam lantas menggelengkan kepala.


"Seharusnya wanita itu membuang sampah pada tempatnya, kalau membuang sembarangan bisa bikin banjir," ujar sang pemuda dalam hati.



Setelah melihat kejadian tersebut, pemuda itu berlalu begitu saja. Hari itu langit tampak mendung, tak lama kemudian hujan deras mengguyur sudut kota tersebut. Karena lebatnya hujan saat itu, air sungai meluap sampai-sampai mengakibatkan banjir. Keesokan harinya, setelah banjir mulai agak surut, penjaga pintu air sungai menemukan penyebab banjir yang terjadi tempo hari. Ternyata ada gumpalan plastik berisi sampah-sampah padat yang menyumbat pintu air, hingga menyebabkan banjir.


Kejadian di atas adalah  gambaran kecil tentang urgensi kepedulian terhadap sekitar. Menjadi bermanfaat tidaklah harus langsung membuat langkah besar. Terkadang nilai manfaat seseorang akan tampak tanpa diminta seiring dengan keistiqomahannya melakukan kebaikan.

Dan menjadi tanggung jawab moral bagi para pemuda dalam cerita di atas mengingatkan wanita tersebut untuk tidak membuang sampah sembarangan. Bisa jadi perbuatannya untuk mengingatkan wanita tersebut dapat mencegah tersumbatnya pintu air.

Kebaikan bukan untuk disimpan demi keselamatan pribadi, melainkan disebarkan untuk kebaikan bersama. Boleh jadi kita menguasai sebuah ilmu. Lantas, ilmu tersebut jika kita simpan sendiri tidak akan membawa kebaikan apapun, kecuali untuk diri sendiri.

Al Qur'an mengatakan wajib bagi pemuda untuk menjadi BERMANFAAT. Seperti kandungan ayat di bawah ini :

"Jadilah diantara kamu sebaik-baik umat yang mengajak kepada kebaikan, menyeru kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang mungkar. Mereka itulah orang-orang yang beruntung." (QS. Ali-Imran :104)

Wassalmu'alaykum Wr. Wb.

Post a Comment

Notes from Admin :
- Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel
- Tidak diperbolehkan Untuk Mempromosikan Barang Atau Berjualan
- Komentar dilarang mengandung konten sara, pornografi, kekerasan, pelecehan dan sejenisnya
- Bagi Komentar Yang Menautkan Link Aktif Dianggap Spam
- Silahkan Follow Blog ini 100% saya Akan Follow back

close