Mari Selamatkan Energi Kita Melalui P2TL

Assalamu'alaykum Wr. Wb.


Selama kurun waktu satu tahun bekerja di PLN Rayon Baubau Kota, susut masih menjadi salah satu masalah yang sangat kompleks. Besarnya nilai susut dipengaruhi oleh faktor teknis dan non teknis. Dilihat dari sisi teknis sudah semestinya akan timbul susut energi atau dengan kata lain ada energi yang hilang ketika didistribusikan dari hulu (Pembangkit) ke hilir (Pelanggan). Hal itu sangat dipengaruhi oleh peralatan-peralatan listrik seperti transformator, kabel serta sambungan/joint yang tidak sempurna. Upaya-upaya untuk mengurangi susut dari segi teknis pun sudah dilakukan misalnya, penyeimbangan beban trafo, rekonduktor jaringan, perbaikan seri padat dan masih banyak lagi. Akan tetapi upaya-upaya tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Ditinjau dari sisi non teknisnya, ada beberapa penyebab mengapa susut tidak mengalami penurunan secara signifikan dari waktu ke waktu. Salah satu penyebabnya adalah pencurian listrik. Fenomena pencurian listrik ini sudah sering terjadi di berbagai daerah. Di wilayah baubau sendiri, masih banyak penduduk atau oknum setempat yang melakukan pencurian listrik dengan berbagai modus. Minimnya pengetahuan penduduk lokal mengenai listrik justru dimanfaatkan oleh segelintir oknum yang tidak bertanggungjawab. Mereka berkeliling dari satu rumah ke rumah yang lain untuk menawarkan alat penghemat listrik yang sebenarnya itu hanyalah kedok untuk mengambil listrik PLN secara ilegal. 

Menyikapi fenomena ini, PLN Rayon Baubau Kota mengerahkan segenap pegawainya khususnya bidang transaksi energi untuk melaksanakan P2TL (Penertiban Pemakaian Tenaga Listrik) mandiri dan gabungan. P2TL itu sendiri adalah serangkaian kegiatan pemeriksaan dari kabel SR PLN hingga APP dengan tujuan agar transaksi jual beli tenaga listrik berjalan dengan akurat. Dalam pelaksanaannya, kami didampingi oleh penyidik atau saksi dari pihak kepolisian mengingat kegiatan P2TL ini bisa mengancam jiwa para petugas pemeriksanya. Menangkap pencuri listrik itu ibarat menangkap penjahat dalam kandangnya, dibutuhkan TIM yang solid agar proses pelaksanaan P2TL berjalan sesuai prosedur. Tim solid terbentuk dari keharmonisan hubungan antar pimpinan, tim anev dan pelaksana lapangan. Untuk itu, sangat dibutuhkan support dan dukungan dari manajamen terkait pelaksanaan P2TL ini.

Terbukti, melalui kegiatan P2TL ini banyak temuan kita dapat. Rata-rata per harinya kita bisa mendapatkan sekitar 50.000 kwh. Ini artinya ada 50.000 kwh yang hilang setiap bulannya jika kita tidak melaksanakan P2TL. Selain energi kita yang hilang, penjualan secara otomatis juga mengalami penurunan. Turunnya penjualan akan memberikan dampak negatif bagi perusahaan. Oleh karena itu, kegiatan P2TL ini harus berjalan secara kontinyu demi terciptanya “Energi Optimisme”. Selain memberikan efek jera kepada para pelaku pencurian listrik, kita juga dapat memastikan bahwa titik transaksi jual beli dengan pelanggan bisa berjalan dengan tepat dan akurat. 


Dua semester berturut-turut selama kurun waktu satu tahun terakhir, PLN Rayon Baubau Kota berhasil mendapatkan penghargaan sebagai unit dengan perolehan kwh P2TL terbanyak se Area Baubau. Saya sangat bangga dengan kerja keras teman-teman semua. Tidak ada hasil tanpa usaha dan tidak ada usaha yang tidak menghasilkan. Hasil positif ini akan terus kita kawal dalam upaya memberantas pelaku pencurian listrik demi terciptanya “Energi Optimisme” untuk negeri. Hakikatnya, listrik yang kita pakai secara illegal adalah hak mereka, masyarakan Indonesia yang berada di pulau 3T yang sampai saat ini masih belum bisa menikmati listrik. Untuk itu, mari selamatkan energi kita melalui P2TL agar seluruh masyarakat Indonesia dapat menikmati listrik seutuhnya.



#stoppencurianlistrik #listriksehat #saveourenergy !!!



Wassalamu'alaykum Wr. Wb.

5 comments

Iya nih pencurian listrik harus dibasmi karena sangat merugikan orang lain. Mungkin ini jadi satu penyebab kenapa listrik di indonesia sering padam, oknum pencuri listrik

Reply

Pelaku pencurian listrik sebaiknya ditindak tegas karena sangat membahayakan.
Tak hanya membahayakan keselamatan rumah pribadi tapi juga merembet ke rumah warga lainnya.
Sangat mudah terjadi konsleting.

Reply

Setuju gan. Mereka mengambil untung dengan memanfaatkan orang lain yang umumnya tidak paham mengenai listrik. Mereka tawari sejenis alat penghemat listrik yang sebenarnya adalah modus pencurian listrik.

Saya berharap semua oknum sadar akan apa yang mereka perbuat selama ini.

Reply

Akan ada sanksi perdata dan pidana bagi para pencuri listrik kok. Sanksi perdatanya saja sangat berat apalagi pidananya sesuai UU ketenagalistrikan. Jadi mari sama-sama kita basmi semua oknum pencuri listrik. Listrik sehat, aman dan nyaman :)

Reply

Pekerjaan ini mulia, Mas. Ada kubaca dalam buku: "Jika kamu merasa telah berbuat kebajikan semoga teranglah hidupku! namun ketika pulang terasa terasa gelap, periksa tagihanmu: Jangan jangan kamu belum bayar listrik he he he (status teman di facebook sepulang ibadah)

Reply

Post a Comment

Notes from Admin :
- Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel
- Tidak diperbolehkan Untuk Mempromosikan Barang Atau Berjualan
- Komentar dilarang mengandung konten sara, pornografi, kekerasan, pelecehan dan sejenisnya
- Bagi Komentar Yang Menautkan Link Aktif Dianggap Spam
- Silahkan Follow Blog ini 100% saya Akan Follow back

close