Tips Menghadapi Psikotes atau Tes Potensi Akademik

Assalamu'alaykum Wr. Wb.



Dalam menyambut bulan-bulan penerimaan mahasiswa baru dan mahasiswa yang sudah lulus mencari pekerjaan, saya ingin berbagi sedikit beberapa tips bagaimana mengahadapi ujian psikotes atau tes potensi akademik berdasarkan pengalaman saya. Psikotes sangat penting bagi adek-adek yang akan masuk perguruan tinggi. Sedangkan bagi mahasiswa yang sudah lulus dan sedang melamar kerja, psikotes menjadi momok yang sangat menakutkan yang harus dijumpai oleh setiap pelamar kerja.

Psikotes merupakan bagian dari perekrutan karyawan maupun mahasiswa baru. Psikotes ini cukup unik. Sebab peserta yang gagal menjalaninya, bukan berarti mereka memiliki IQ dibawah rata-rata. Psikotes tidak berhubungan dengan IQ seseorang. Namun, psikotes hanya menilai kemampuan dan pemahaman mengenai sebuah pekerjaan. Biasanya, perusahaan memiliki kriteria sendiri untuk merekrut karyawan baru. Jadi apabila anda gagal menjalani psikotes pada sebuah perusahaan, berarti kriteria yang anda miliki tidak sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Tetapi anda sangat mungkin anda diterima di perusahaan lainnya. Itulah uniknya psikotes. Semoga sedikit tips saya bisa dijadikan referensi saat menghadapi ujian psikotes atau tes potensi akademik. 

1. Biasanya, dalam sebuah psikotes terdapat berbagai macam soal, seperti bahasa indonesia, matematika, bahasa inggris, pola gambar atau pengetahuan umum. Anda dituntut agar bisa menguasai berbagai bidang studi. Sebaiknya, buka kembali buku pelajaran sekolah, diktat kuliah maupun latihan soal-soal psikotes. Selain itu, anda juga perlu memperoleh pengetahuan dari media massa seperti koran, televisi, majalah.

2. Persiapkan diri anda dengan istirahat yang cukup. Seringkali, seseorang sebenarnya mampu mengerjakan tes. Namun karena kondisi tubuh yang tidak prima atau lelah membuat hasil tes kurang memuaskan.

3. Siapkan berkas ( CV atau surat lamaran kerja ) dan peralatan tulis minimal sehari sebelum menjelang pelaksanaan tes. 

4. Kerjakan soal yang mudah terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk menghemat waktu karena begitu banyak soal yang harus dikerjakan dengan waktu yang terbatas. Mungkin ini trik lama, tapi percayalah dan akan sangat membantu anda.

5. Jangan enggan bertanya kepada pengawas tes ketika anda menemui hal yang tidak dimengerti. Jangan sampai anda bertanya kepada peserta tes lainya karena belum tentu mereka tau.

6. Jangan melihat jawaban orang lain ! Apapun hasilnya, itu akan membuat hasil tes bertentangan dengan kondisi pribadi anda yang sesungguhnya. Do it by your self guys !

7. Nah terakhir jangan lupa berdoa kerena sekeras apapun usaha anda, yang menentukan hasilnya adalah Allah SWT. Bukan kalian, bukan juga pengawas. Semangaaaaattt :D



Wassalamu'alaykum Wr. Wb.

3 comments

bagus gan info.nya, berguna buat besok waktu psikotes :D
kunjungi juga http://adventuremyblog.com/

Reply

hehe, makasih gan :D itu pengalaman pas masuk program kerjasama PLN

Reply

Artikelnya sangat bermanfaat...
Mungkin sekedar tambahan untuk para pembaca “Tips Ampuh Menghadapi Psikotest”

Reply

Post a Comment

Notes from Admin :
- Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel
- Tidak diperbolehkan Untuk Mempromosikan Barang Atau Berjualan
- Komentar dilarang mengandung konten sara, pornografi, kekerasan, pelecehan dan sejenisnya
- Bagi Komentar Yang Menautkan Link Aktif Dianggap Spam
- Silahkan Follow Blog ini 100% saya Akan Follow back

close