Pengalaman Kerja Praktek di PT. PLN Rayon Rungkut Area Surabaya Selatan

Assalamu'alaykum Wr. Wb.


Salam Mahasiswa,
Saya, Fahrudin Suhadak akan sedikit berbagi pengalaman yang saya dapatkan ketika menjalani kerja praktek di PT. PLN Rayon  Rungkut Area Surabaya Selatan. Kerja praktek ini terlaksana untuk memenuhi nilai mata kuliah kerja praktek di kampus saya. Kebetulan sekarang saya sudah berstatus sebagai mahasiswa tingkat akhir di Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Nah, buat kalian mahasiswa khususnya jurusan teknik elektro yang sedang bingung mencari tempat kerja praktek di daerah Surabaya, tidak ada salahnya memilih PT. PLN Rayon Rungkut Area Surabaya Selatan ini.

PT. PLN Rayon Rungkut merupakan salah satu dari lima Rayon yang berada di bawah naungan PT. PLN Area Surabaya Selatan. Rayon lainnya yaitu Rayon Dukuh Kupang, Rayon Ngagel, Rayon Darmo Permai dan Rayon Gedangan. Untuk alamatnya bisa tanya ke mbah google yaa :D Nah, dari kelima Rayon tersebut Rungkut merupakan Rayon dengan pendapatan tertinggi. Pasalnya semua pelanggannya kebanyakan berasal dari industri-industri besar dan kompleks perumahan mewah. Tetapi dengan pendapatan yang tinggi, masalah-masalah yang muncul juga semakin banyak dan komplex jika dibandingkan dengan Rayon yang lain. Dengan kata lain pendapatan yang tinggi sebanding dengan tingkat permasalahan yang harus diselesaikan hari demi hari.

Hari pertama masuk, kami (saya & teman-teman) dikumpulkan di kantor PLN Area Surabaya Selatan terlebih dahulu yang berada di Ngagel. Beberapa prosedur dan pengarahan langsung disampaikan oleh bapak Manager Area PT. PLN Area Surabaya Selatan. Setelah itu, kami diantar ke masing-masing Rayon tempat kami melaksanakan kerja praktek. Disitulah kami mulai berpisah satu sama lain. Sesampainya di Rayon Rungkut, Pak Manager Rayon Rungkut langsung memberi sambutan dengan ramah. Sedikit banyak saya berbincang dengan beliau mengenai sejarah singkat dan profil perusahaan. PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Rayon Rungkut berlokasi di Jl. Rungkut Industri VIII Surabaya. PT PLN (Persero) Rayon Rungkut terdapat 4 Gardu Induk yang terdiri dari 51 penyulang. Untuk melayani sistem kelistrikan di wilayah Rayon Rungkut, didapatkan pasokan listrik dari 4 Gardu Induk yang terdiri dari Gardu Induk Konvensional antara lain :
a) GI Rungkut,
b) GI Sukolilo,
c) GI Wonokromo,
d) GI Wonorejo,
Perbincangan ditutup dengan pemberian tugas pertama saya untuk mempelajari Single Line Diagram PT. PLN Rayon Rungkut. Berikut contoh potongan gambar Single Line Diagram:




Pada hari-hari berikutnya, saya mulai diajak ke lapangan oleh salah staf teknik dengan berbagai pekerjaan yang berbeda. Mulai dari pembacaan meter pelanggan, survey TNP2K, pemeliharaan kubikel, pemasangan trafo sisipan, manuver beban dan masih banyak yang lainnya. Masing-masing pekerjaan tersebut mempunyai tingkat kesulitan yang berbeda. Selain berhadapan dengan macam-macam peralatan listrik tegangan tinggi kami juga dihadapkan dengan berbagai macam pelanggan yang mempunyai karakter yang berbeda-beda. Disitulah saya dilatih bagaiman menghadapi pelanggan dengan baik dan benar. Pelayan yang baik terhadap pelanggan akan meningkatkan kepuasan dan kepercayaan mereka terhadap kami. Berikut beberapa foto ketika saya menjalani kerja praktek: 





Sekian dulu ya pengalaman dari saya, semoga bermanfaat dan bisa jadi referensi tempat kerja praktek buat temen-temen sekalian,
Salam Mahasiswa.


Wassalamu'alaykum Wr. Wb.

10 comments

Eh ada ubed :D
Makasih sudah mau mampir di blog yg sudah lama ga keurus ini wakaka

Reply

Saya juga mahasiswa teknik elektro, terimakasih sudah berbagi, bisa dijadikan referensi

Reply

Kuliah dimana gan? Semester berapa sekarang?
Saya doakan lancar kuliahnya sampai sidang nanti dan lulus dengan predikat yang memuaskan :D

Reply

Hai bang, saya juga kp di salah satu rayon pln tepatnya di aceh, kira kira judul apa yg tepat diangkat ya untuk judul kp di rayon, terimaksih

Reply

Kalo mau angkat judul kp harus tau dulu gmn kondisi rayon aceh gmn. Terus ente bidangnya apa teknik, TE atau PA. Masing-masing bidang tersebut mempunyai permasalahan yang berbeda beda bro.

Kalau di teknik ada beberapa masalah yang bisa diangkat jadi judul kp antara lain:
1. Pemasangan trafo sisipan untuk menaikkan tegangan ujung
2. Penyeimbangan beban trafo
3. Pemeliharaan PHB TR
4. Dan masih banyak lagiii...

Demikian semoga bermanfaat :)

Reply

untuk pengajuan KP di gardu PLN, harus ke kantor PLN atau langsung tanya ke pegawai gardu

Reply

Setau saya harus mengajukan proposal langsung ke kantor pln yang ingin dijadikan sebagai tempat KP.

Bukan gardu PLN gan, gardu itu panel listrik bukan kantor hehe

Reply

Maaf sebelumnya kalau boleh tahu, sampeyan punya nomer kontak yang bisa dihubungi. Kalau ada boleh saya minta?

Reply

Silahkan kalau mau tanya2 bisa hub nomer 082242652299

Reply

Post a Comment

Notes from Admin :
- Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel
- Tidak diperbolehkan Untuk Mempromosikan Barang Atau Berjualan
- Komentar dilarang mengandung konten sara, pornografi, kekerasan, pelecehan dan sejenisnya
- Bagi Komentar Yang Menautkan Link Aktif Dianggap Spam
- Silahkan Follow Blog ini 100% saya Akan Follow back