Keutamaan Bulan Ramadhan

Assalamu"alaykum Wr. Wb.

Menjelang bulan Ramadhan beberapa hari lagi, sudah seharusnya kita mempersiapkan segala sesuatunya untuk menyambut bulan Ramadhan. Mulai dari amalan, ibadah, hingga bagaimana kita mengisi bulan tersebut dengan hal-hal yang bermanfaat.

Taukah Anda apa saja keutamaan yang terdapat pada bulan Ramadhan? Simak saja penjelasan berikut...

1. Ramadhan adalah Bulan Diturunkannya Al-Qur'an

Allah Ta'ala berfirman,


"(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang didalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu." (QS. Al-Baqarah; 185)

2. Setan-setan Dibelenggu, Pintu-pintu Neraka Ditutup dan Pintu-pintu Surga Dibuka Ketika Ramadhan Tiba

Rasulullah SAW bersabda yang artinya,

"Apabila telah masuk bulan Ramadhan, terbukalah pintu-pintu surga dan tertutuplah pintu-pintu neraka dan setan-setan pun terbelenggu." [HR. Al-Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu]

3. Terdapat Malam yang Penuh Kemuliaan dan Keberkahan

Pada bulan Ramadhan terdapat suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan yaitu lailatul qadar (malam kemuliaan). Pada malam inilah saat diturunkannya Al-Qur'anul Karim. Allah Ta'ala berfirman,






"Sesungguhnya kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan." (QS. Al-Qadr: 1-3)

Dan Allah Ta'ala juga berfirman yang artinya,

"Sesungguhnya kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan." (QS. Ad-Dukhan; 3). Ibnu 'Abbas, Qotadah dan Mujahid mengatakan bahwa malam yang diberkahi tersebut adalah malam lailatul qadar.

4. Bulan Ramadhan adalah Salah Satu Waktu Dikabulkannya Do'a

Rasulullah SAW bersabda yang artinya,

"Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan dan setiap muslim apabila dia memanjatkan do'a, maka akan dikabulkan." (HR. Al Bazaar sebagaimana dalam Mujma'ul Zawaid dan Al Haytsami mengatakan periwayatnya tsiqoh/terpercaya).


Referensi: Muslim.or.id

Wassalamu'alaykum Wr. Wb.

2 comments

Post a Comment

Notes from Admin :
- Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel
- Tidak diperbolehkan Untuk Mempromosikan Barang Atau Berjualan
- Komentar dilarang mengandung konten sara, pornografi, kekerasan, pelecehan dan sejenisnya
- Bagi Komentar Yang Menautkan Link Aktif Dianggap Spam
- Silahkan Follow Blog ini 100% saya Akan Follow back

close