Antara IPK dan Masa Depan


Assalamu'alaykum Wr. Wb.


Hello guys, rasanya baru kemaren masuk kuliah ehhh gaktaunya semester 1 udah kelar aja :D Dan apa saja yang aku lakukan selama 1 semester kemaren mulai menunjukkan hasil yang cukup memuaskan. Selain itu aku juga mendapatkan teman-teman yang luar biasa hebatnya. Mereka datang dari berbagai kota yang menurutku hanya kota kecil. Tapi tujuan mereka kuliah jauh-jauh sama denganku yaitu mencari ilmu dan jati diri. Itu yang paling penting. 1 semester kemaren juga memberiku banyak pengalaman hidup yang tak bisa aku temui di kotaku...

*****

Yang pertama membuat aku bangga yaitu karena aku mendapat IPK diatas 3.5 :D Hal yang sebelumnya tak terbayangkan olehku sebelumnya. Seminggu setelah UAS aku melihat nilai-nilaiku melalui integra (sistem akademik  ITS). Aku kaget ketika melihat nilai-nilaiku terutama pada mata kuliah listrik dasar!! Sebelumnya aku mengira kalau pada mata kuliah yang satu ini aku bakal dapet nilai jelek karena dari 3 soal mata kuliah liastrik dasar yang aku kerjakan ketika UAS, aku hanya bisa mengerjakan 1 soal saja. Memang Allah Maha Mendengar atas doa-doa yang diucapkan oleh hambanya hehe :) Aku baru ingat juga kalau selama UAS, aku menjalankan salah satu ibadah sunnah yang sering dilakukan oleh baginda nabi kita Muhammad SAW. Nah, dari sedikit paparan diatas kita dapat sedikit mengambil pelajaran  bahwa hasil akhir itu tidak hanya ditentukan oleh usaha kita saja, tetapi juga diiringi dengan doa. Salah satunya ya tadi, puasa sunnah. Percuma kita usah mati-matian kalau gak berdoa sama sekali begitu juga sebaliknya..

*****

Aku mempunyai cita-cita pengen kerja di PLN dan alhamdulillah Allah SWT sudah memberiku jalan untuk menuju itu semua. Jalannya yaitu sekarang aku kuliah di D3 Teknik Elektro kerjasama dengan PLN. Dengan demikian, aku sudah semakin dekat dengan cita-citaku. Tapi apa yang aku dapat sekarang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Perlu perjuangan yang super besar meliputi pikiran, fisik, uang, waktu, kesenangan dan masih banyak lagi. Selama perjuangan itu aku juga sudah menemui berbagai kegagalan. Tapi justru karena kegagalan itu, aku bisa mengambil pelajaran dan bangkit dari kegagalan tersebut. Alhasil sekarang aku sudah mencapai itu semua.

*****

Lalu apa hubungannya IPK dan masa depan? Kalau menurutku berhubungan banget sih...

IPK bagus = mudah diterima kerja = masa depan terjamin

Perlu temen-temen ketahui bahwa IPK bukan satu-satunya faktor yang mempengaruhi kalau seseorang bisa dengan mudah diterima kerja. Satot alias salah total!!! Beberapa survey mengatakan bahwa kemampuan orang dalam berkomunikasi, berorganisasi, soft skill sangat dibutuhkan dalam dunia kerja. IPK hanya mengukur kinerja anda pada perguruan tinggi itu dan itu pun hanya dilihat dari nilai UTS, UAS dan ditambah dengan tugas-tugas. Hal itu tentu belum memenuhi semua kriteria yang dibutuhkan di perusahaan. Untuk apa orang pintar dalam teori kalau prakteknya saja tidak bisa? Orang pintar belum tentu bisa bersosialisasi dan berkomunikasi dengan baik dengan banyak orang. Di perusahaan kita tidak hanya bekerja secara individual semata, namun dibutuhkan kemampuan kerjasama dalam tim, dan berorganisasi secara nyata didalamnya.


Jadi sebenarnya IPK bukanlah standar utama ditentukannya anda diterima kerja atau tidak. IPK sangat penting juga karena itulah yang akan mengantarkan kita ke satu langkah lebih maju dari orang ber-IPK rendah apabila diseleksi, karena seperti yang telah dibahas sebelumnya, IPK adalah cover dari diri kita untuk masuk ke seleksi berikutnya. Selain IPK, aktiflah dalam kegiatan organisasi dan UKM sehingga kemampuan anda dalam berorganisasi, berkomunikasi, bersosialisasi, berinteraksi, dan sebagainya dapat diasah dan kita temukan sendiri jati diri kita. Perbanyak pengalaman nyata dalam bekerja baik dengan magang atau dengan ikut bisnis kecil-kecilan sehingga kemampuan dalam menganalisa bisnis semakin berkembang. Jiaka pernah mengalami kegagalan, jangan cepat jatuh dan putus asa, jadikan lah sebgai pelajaran untuk terus maju. Jangan tanyakan apa yang akan diberika perusahaan kepada saya ketika anda ingin melamar kerja, tetapi tanyakan pada diri anda apa yang akan anda berikan kepada perusahaan. Berbuatlah yang terbaik dari diri anda dan anda akan merasakan kepuasan sendiri didalamnya.

*****

Wassalamu'alaykum Wr. Wb.

2 comments

bener banget tuh yang di bawa mati ilmu nya ,apalagi bermanfaat untuk bnyak orang

Reply

Setuju ane gan. Ipk bukan satu-satunya indikator yang menentukan, yang terpenting ilmunya bisa bermanfaat buat orang lain

Reply

Post a Comment

Notes from Admin :
- Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel
- Tidak diperbolehkan Untuk Mempromosikan Barang Atau Berjualan
- Komentar dilarang mengandung konten sara, pornografi, kekerasan, pelecehan dan sejenisnya
- Bagi Komentar Yang Menautkan Link Aktif Dianggap Spam
- Silahkan Follow Blog ini 100% saya Akan Follow back

close