Terdampar Di Kota Seribu Benteng


Assalamu'alaykum Wr. Wb.


Halo sobat travelers, sudah sampai perjalanan wisata kalian? Sudah ke luar Jawa kah? Jangan ngaku traveler sejati kalau belum keliling Indonesia. Masih banyak tempat indah di pelosok negeri ini. Indonesia memang terkenal dengan pulau-pulau kecil beserta keindahannya. Tersusun dari kurang lebih 17.508 pulau, menjadikan Indonesia kaya akan pesona alamnya. Tak heran banyak wisatan asing datang jauh-jauh ke Indonesia hanya untuk menikmati keindahan alamnya.

Kali ini saya ingin bercerita tentang pengalaman saya terdampar di pulau kecil di belahan tenggara Sulawesi. Pulau dimana saya terdampar ini punya satu kota dengan nama yang unik yakni BAUBAU. Pasti jika sobat dengar nama ini bakalan aneh. Kotanya bau lah, terpencil lah, penduduknya primitif lah, tanggapan yang mungkin terlintas dipikiran kalian. Pertama kali saya menginjakkan kaki di kota ini, terlintas di pikiran kalau pulau ini sangat terpencil. Bandaranya pun tidak seperti bandara pada umumnya. Lebih mirip seperti kantor kecamatan karena untuk ukuran bandara tergolong tidak terlalu luas. Gak ada ojek online, bis, angkot, taksi pun juga jarang-jarang keberadaannya wkwkwk. Hanya ada ojek biasa yang bisa mendampingi kalian saat berkeliling kota Baubau.

Namun, terlepas dari semua kekurangan tersebut pulau ini justru mempunyai daya tarik sendiri untuk para pelancong. Kota Baubau ini dijuluki sebagai kota seribu benteng. Kenapa demikian ? 

MENILIK SEJARAH KOTA BAUBAU

Kota ini merupakan pusat dari Kerajaan bernama Buton atau Wolio yang berdiri pada saat awal abad ke-15. Tercatat pada naskah bernama Negarakretagama yang dikarang oleh Prapanca pada tahun sekitar 1365 Masehi dengan sebutannya sebagai Butuni atau Negeri Keresian. Dengan kata lain, merupakan tempat atau desa, dimana para resi tinggal. Rajanya memiliki gelar sebutan Yang Mulia Mahaguru.

Banyak warisan dari Kerajaan Buton hingga Kesultanan Buton yang hingga sekarang dapat disaksikan, seperti misalnya peninggalan sejarah hingga naskah kuno yang disimpan oleh garis keturunan Laode atau Waode yang ada di Pulau Buton. Tapi yang paling terkenal dari warisan kerajaan Buton adalah Benteng Buton yang juga merupakan benteng terbesar di dunia. Karena peninggalan itulah kota Baubau mendapat gelar kota Seribu Benteng.

Namun sayang, banyak dari warisan tersebut dibawa pada saat masa penjajahan, yaitu oleh bangsa Belanda. Namun wilayah dari bekas kerajaan Buton ini masih dapat ditemukan diantaranya di Kota Baubau.


WISATA ALAM KOTA BAUBAU

Selain terkenal dengan sejarahnya, kota seribu benteng ini juga kaya akan tempat-tempat eksotis yang wajib disinggahi oleh para pendatang. Berikut beberapa tempat yang patut dikunjungi :

  1. Pantai NIRWANA. Pantai yang sudah jadi primadona di Kota BauBau ini, sangatlah mudah dijangkau. Dengan perjalanan darat, hanya sekitar 15 menit dari pusat kota Bau Bau, atau hanya beberapa menit dari Bandara Betoambari. Selamat berwisata untuk Anda semua.Pantai ini juga memiliki pemandangan matahari terbaik, saat terbit “sunrise” maupun terbenam “sunset”.Yang pasti, Pantai Nirwana menyajikan keindahan alam yang lengkap, di atas dan di bawah permukaan air laut. 
    Pesisir Nirwana
  2. Air Terjun TIRTA RIMBA. Ya, sebagian besar Penduduk setempat menyebut air terjun Tirta Rimba ini, dengan sebutan “Air Jatuh”. Namun apapun namanya, wisata air terjun ini yang memiliki ketinggian sekitar 6 meter dan lebar sekitar 5 meter tersebut, bisa membuat anda semakin enjoy berwisata. 
    Air Terjun Tirta Rimba
  3. Cagar Alam WAKONTI. Tempat wisata menarik lainnya yang wajib anda kunjungi saat berkunjung ke Baubau adalah objek hutan lindung di kawasan Wakonti yang hanya berjarak 6 kilometer dari pusat Kota Baubau. Di tempat ini selain memiliki panorama alam yang sangat indah dan alami juga terdapat tempat penelitian berbagai pohon langka dan Anggrek Liar serta hewan langka seperti Kuskus, Kera, Berbagai jenis burung, Kakatua dan juga Kupu-kupu. Di Cagar Alam Wakonti anda juga dapat menemukan pohon langka yaitu Pohon Loreng yang warna pohonnya sama persis dengan seragam tentara. 
    Cagar Alam Wakonti
  4. Pemandian Alam BUNGI. Pemandian Alam Bungi adalah salah satu tempat wisata alam menarik yang dapat anda kunjungi saat berlibur ke Kota Baubau. Sebenarnya tempat ini merupakan tempat warga sekitar melakukan aktivitas kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan sungai. Namun lama-kelamaan banyak warga tetangga desa lainnya berkunjung ke tempat Pemandian Alam Bungi untuk merasakan kesegaran airnya yang bening. Pada hari libur dan menjelang sore hari banyak wisatawan berkunjung ke tempat ini untuk merasakan segarnya air sungai serta mengunjungi Air Terjun Tirta Rimba yang jaraknya saling berdekatan. 
    Pemandian Bungi

Itu tadi beberapa tempat wisata alam di kota Baubau. Masih ada banyak sekali tempat indah lainnya yang belum sempat saya kunjungi. 

Nah, tidak semua makna terdampar itu menyedihkan bukan? Apalagi kalau sobat traveler terdampar di kota semacam kota Baubau ini. Bisa jadi sobat enggan untuk kembali karena terlalu banyak keindahan alam yang ditawarkan di sini. So, semoga sedikit cerita saya di atas dapat menarik para wisatawan lokal maupun manca negara agar datang ke kota Baubau, kota seribu benteng.
Wassalamu'alaykum Wr. Wb.

5 comments

Nice info gan, oya kota baubau di propinsi sumatera ?

Reply

Sulawesi Tenggara gan haha :D Tepatnya di Pulau Buton

Reply

Sepertinya kece ya, saya belum pernah menyambangi tempat wisata tersebut :D Semoga kelak bisa deh sampe sana hihi

Reply

Aamiin aamiin. Semoga cepet kesampaian mbak dwi :) Saya juga kebetulan bisa terdampar disini karena urusan kerjaan wkwk

Reply

anjay mantap kapan2 kesini ah :D

Reply

Post a Comment

Notes from Admin :
- Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel
- Tidak diperbolehkan Untuk Mempromosikan Barang Atau Berjualan
- Komentar dilarang mengandung konten sara, pornografi, kekerasan, pelecehan dan sejenisnya
- Bagi Komentar Yang Menautkan Link Aktif Dianggap Spam
- Silahkan Follow Blog ini 100% saya Akan Follow back