Tips Lolos Seleksi Tes Kesehatan PT. PLN (Persero)

Assalamu'alaykum Wr. Wb.


Halo teman-teman semua, semoga dalam keadaan sehat dan dalam lindungan Allah SWT. Sudah lama rasanya saya tidak menulis di dunia maya. Bekerja di salah satu BUMN terbesar di Indonesia cukup menyita banyak waktu saya. Hari ini, hampir tiga tahun sudah saya bekerja untuk PT. PLN (Persero). Kebetulan saya ditempatkan di ULP Pasarwajo UP3 Baubau Kabupaten Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara. Banyak hal yang sudah saya dapatkan dari bekerja di perusahaan ini, salah satunya yakni fasilitas kesehatannya yang kata orang, PLN itu punya standar kesehatan paling tinggi diantara perusahaan BUMN lainnya.


Yaps, tingginya standar kesehatan di PT. PLN (Persero) itulah yang membuatnya sulit untuk dimasuki "kebanyakan" orang. Ribuan orang berlomba-lomba mencoba bergabung dengan PLN. Sebagian besar yang mendaftar pastinya adalah orang-orang pintar lulusan berbagai perguruan tinggi ternama di Indonesia. Tapi faktanya, banyak yang gugur pada tahap kesehatan baik itu fisik maupun dalam. Faktor kesehatan menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian orang yang sudah pernah sampai pada tahapan tes kesehatan masuk PLN. Itulah mengapa kesehatan harus dirawat dan dijaga sebaik mungkin, terlepas Anda ingin bergabung di PLN atau tidak.

Pada kesempatan yang baik ini saya akan berikan beberapa tips agar bisa lolos tes kesehatan khususnya pada PT. PLN (Persero). Tips ini berdasarkan pengalaman saya dulu, jadi ini hanyalah sedikit tips yang mungkin dapat dicoba sebelum tes kesehatan. FYI, pada tahapan tes kesehatan ini terbagi menjadi dua bagian yakni kesehatan fisik (tampak luar: dari ujung rambut sampai ujung kaki) dan kesehatan dalam (organ dalam: jantung, paru-paru, darah dan urine). Langsung saja berikut adalah beberapa tips menghadapi tes kesehatan. Check it out...

1. JANGAN MEROKOK

Pernah denger slogan "Merokok Membunuhmu"??? Sudah pasti rokok adalah sumber dari berbagai penyakit dalam, seperti paru-paru, jantung dan lain sebagainya. Bagi Anda yang memang pecandu rokok sebaiknya kurangi frekuensi merokok yang biasa perhari bisa habis satu pack rokok dikurangi jadi satu batang rokok saja. Memang berhenti merorok tidak semudah membalikkan telapak tangan. Tapi saya yakin dengan niat dan tekad yang kuat disertai doa, pasti perlahan-lahan bisa lepas dari yang namanya rokok. 

2. PERBANYAK MINUM AIR PUTIH

Seperti yang diketahui bersama, Air mineral memiliki khasiat yang baik untuk tubuh. Salah satu manfaat yang bisa dirasakan adalah air tersebut bisa membuang racun dan kotoran yang ada dalam tubuh. Selain memiliki manfaat di atas, bagi Anda yang akan melakukan tes kesehatan pun sebaiknya biasakan diri untuk minum air mineral ini. Minimal mulai diruntinkan seminggu sebelum pelaksanaan tes kesehatan.

Untuk yang tidak terbiasa pastinya akan terbebani, namun pengorbanan tersebut akan terbayar dengan lolosnya Anda dari pekerjaan yang diimpikan. Agar merasa tidak terbebani, Anda bisa meruntinkan minum air mineral sebanyak 8 gelas dalam waktu sehari. Untuk memulainya bisa dimulai dari pagi hari , sebelum dan sesudah makan, sore hari, dan sebelum tidur.

3. RUTIN PUASA SENIN KAMIS

Puasa sunah Senin Kamis memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain itu, puasa sunah juga bisa membantu mengendalikan hawa nafsu sehingga bisa menerapkan pola hidup sehat. Porsi makan secukupnya pada setiap orang memang berbeda. Untuk pemilihan makanan, tentunya tidak boleh ketinggalan. Buah dan sayur kaya akan vitamin dan mineral yang sangat diperlukan tubuh. 

"Ingat jangan makan berlebihan. Selain sakit nantinya juga malas padahal kita dikasih sehat supaya selalu rajin ibadah," kata Dr. Zaidul.

4. MINUM SUSU BERUANG

Kalau tips yang ini sepenuhnya dari pengalaman pribadi saya dan mungkin berbeda setiap orang. Dulu sebelum tes keshatan, ada salah satu teman yang sudah duluan bergabung di PLN merekomendasikan saya untuk rutin minum susu beruang. Awalnya saya kira mungkin teman saya ini suka minum susu beruang, tapi ternyata setelah saya praktekkan alhamdulillah badan saya terasa lebih bugar dan akhirnya lolos tes kesehatan.

5. MINTA RESTU ORANG TUA

Dunia memang dingin, tetapi rumah selalu menghangatkan. Dinding memang tak selamanya kokoh, tetapi mereka selalu ada untuk melindungi. Dia kuat dan bersemangat, namun hatinya mudah rapuh, tatapannya penuh cerita yang tidak bisa diungkapkan. Dia adalah orang tua kita, sang pemberi restu dalam doa dan tujuan kita. Ketahuilah, restu Allah SWT ada pada restu orang tua. Apapun yang dihadapi, berbaktilah dan meminta restunya. karena banyak sekali keistimewaan dalam berbakti pada orang tua dan jika selalu berjalan atas restu orang tua.

Restu orang tua pendorong datangnya berkah Allah. Jika orang tua tidak memberikan restunya kepada kita, bagaimana Allah akan merestui hal yang kita kerjakan. Contohnya dalam hal mencari pekerjaan, mintalah selalu restu kepadanya agar dimudahkan dalam mencari pekerjaan yang baik. Akan tetapi jika mereka memang tidak merestui, tidak perlu berkecil hati. Karena orang tua pasti punya alasan baik untuk anaknya.


Itu saja beberapa tips dari saya, semoga bermanfaat bagi teman-teman semua. Semoga teman-teman ingin bergabung dengan PLN atau yang sedang mencari kerja apapun, dimudahkan langkahnya oleh Allah SWT. Kita yang berencana tapi Allah yang menentukan. Yang baik menurut kita, belum tentu baik menurut Allah begitupun sebaliknya. Yakinlah, Allah sedang merencanakan kebaghagiaan untuk kita. Tugas kita kita hanyalah senantiasa berusaha dan berdoa :)

Sekian dan terimakasih...


Wassalamu'alaykum Wr. Wb.

2 comments

Post a Comment

Notes from Admin :
- Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel
- Tidak diperbolehkan Untuk Mempromosikan Barang Atau Berjualan
- Komentar dilarang mengandung konten sara, pornografi, kekerasan, pelecehan dan sejenisnya
- Bagi Komentar Yang Menautkan Link Aktif Dianggap Spam
- Silahkan Follow Blog ini 100% saya Akan Follow back

close