Pahlawan Itu : Semangat Melayani Umat

Assalamu'alaykum Wr. Wb. 


Selamat Hari Pahlawan -- Kata-kata itu yang mewakili semangat saya pada hari ini. Tepat pada hari ini, Senin 10 Nopember 2014 merupakan salah satu hari paling bersejarah bagi bangsa Indonesia. Yap, hari ini pula tentara-tentara Indonesia berjuang mempertaruhkan nyawa melawan bangsa Belanda pada pertempuran 10 Nopember 1945 di Surabaya. Pertempuran Surabaya ini merupakan peristiwa sejarah penting yang patut dikenang. Pertempuran ini adalah perang pertama pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan satu pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia yang menjadi simbol nasional atas perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme.

Pada curhatan kali ini, saya akan berbicara tentang rasa kepahlawanan yang ada pada diri kita masing-masing ditinjau dari seberapa besar kebermanfaatan kita bagi umat. Sebelum membahasnya lebih dalam, saya ingin menanyakan beberapa pertanyaan kepada Anda. Sudahkah Anda melayani umat? Berapa waktu yang Anda alokasikan dalam sehari untuk melayani umat? Seberapa besar manfaat Anda bagi orang-orang disekitar Anda? Pertanyaan tersebut yang selalu menghantui hati saya pribadi dan mungkin Anda.




Ketika mendengar pertanyaan-pertanyaan tadi, saya mulai merenung dan berpikir. Sebenarnya apa saja sih yang sudah saya berikan untuk umat? Apakah semua hal yang saya lakukan selama ini semata-mata hanya untuk kepentingan saya pribadi? Seiring berjalanya waktu, ternyata saya sudah mulai melupakan kewajiban untuk melayani umat. Menyesal? So pasti kawan. Waktu memang tidak bisa diulang kembali. Yang bisa saya lakukan yaitu mulai memperbaiki niat terlebih dahulu. Karena segala sesuatu yang kita lakukan itu tergantung dari niatnya. Kata Nabi, "Sebaik-baik manusia adalah mereka yang bermanfaat bagi sesama". 

Setelah itu saya mulai mencari tools yang diharapkan bisa mempermudah saya untuk berkontribusi kepada umat. Kebetulan di kampus saya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, ada organisasi mahasiswa berbasis dakwah yang menarik perhatian saya. Terbesit satu nama yaitu, JMMI (Jama'ah Masjid Manarul Ilmi) ITS. Di JMMI itu sendiri ada banyak departemen yang sempat membuat saya bingung. Kemudian setelah saya kaji satu per satu, pilihan saya jatuh kepada satu nama yaitu BPU. BPU merupakan singkatan dari Badan Pelayanan Umat. BPU itu sendiri merupakan sebuah departemen yang bergerak di bidang pelayanan masyarakat yang berada di bawah naungan JMMI ITS. Melalui program-program kerjanya, saya yakin kalau BPU ini merupakan tools yang tepat untuk melayani umat. Tanpa pikir panjang disertai niat yang tulus, saya memutuskan untuk bergabung dengan BPU JMMI ITS.

Inilah awal kisah saya mulai mengenal umat. Melalui salah satu program kerjanya yang bernama Aksi Belajar Ceria (ABC), saya mulai diperkenalkan dengan adik-adik binaan yang berada di lingkungan. Ironinya, di kampus sebesar ITS, masih banyak anak-anak kecil sulit mendapatkan manisnya pendikikan. Lemahnya ekonomi menjadikan mereka sulit untuk mengenyam pendidikan yang layak. Nah, itulah yang melatar belakangi terbentuknya program ABC. Program ini tidak hanya bertujuan untuk memberikan pendidikan saja, terlebih dari itu adek-adek akan diberi pemahaman mengenai aqidah sebagai bekal mereka menjalani kerasnya hidup ini.

Seorang pahlawan adalah mereka yang tetap bersemangat melayani umat dalam kondisi apapun. Tidak hanya memikirkan kepentingan pribadi, tetapi rela berkorban demi sesama. Sekecil apapun pengorbanan kita akan sangat dibutuhkan mereka. "Barang siapa yang mau menolong sesama, maka Allah akan memudahkan segala urusan mereka". Oleh karena itu, mari kita bangkitkan semangat-semangat kepahlawanan yang ada pada diri kita. Tidak perlu lagi dengan berperang, tetapi cukup dengan semangat kita melayani umat. Inshaallah kita akan menjadi pahlawan di hadapan Sang Pencipta Negeri Ini.

Sekian...


Wassalamu'alaykum Wr. Wb.  


7 comments

wkwkwkw bukan artikelnya saya baca, tapi ngakak liat judul blog nya
@Kunbal dari bram4k

Reply

Bukanya judul blognya itu keren abis ya gan? Sarat akan makna wkwkw :D

Reply

wiii keren arrtikelnya :D

ninggalin jejak dulu
http://sedikitilmu08.blogspot.com

Reply

Messi pahlawan juga ye gan :v ? hahaha

Reply

wkwk, ya jelas dong gan. Gimana nasib argentina kalo ga ada messi? pasti suram kan hahah

Reply

Nice mas. Kita perlu pahlawan seperti ibu yang senantiasa menyangati kita dal keadaan apapun. Sangat bermanfaat :)

Reply

Post a Comment

Notes from Admin :
- Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel
- Tidak diperbolehkan Untuk Mempromosikan Barang Atau Berjualan
- Komentar dilarang mengandung konten sara, pornografi, kekerasan, pelecehan dan sejenisnya
- Bagi Komentar Yang Menautkan Link Aktif Dianggap Spam
- Silahkan Follow Blog ini 100% saya Akan Follow back

close