7 Kebiasaan Unik Mahasiswa ITS

Assalamu'alaykum Wr. Wb.



Hallo semuanya pengunjung setia blog ini yang senantiasa berbahagia dimanapun Anda berada. Bagaimana kabarnya kawan? Semoga senantiasa dalam lindungan dan limpahan rahmat-Nya, aamiin. Sebagai mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember, saya ingin berbagi sedikit apa saja sih kebiasaan mahasiswa ITS itu? Bagaimana mereka menjalani hidup di kampus perjuangan ini? Dan apa bedanya dengan mahasiswa-mahasiswa di perguruan tinggi yang lain? Pastinya akan sangat seru jika dibahas satu per satu kebiasaan arek-arek ITS.

Berikut 7 kebiasaan unik ala mahasiswa ITS.

Yuk langsung saja ke TKP :

1.       Mandi Malam Hari –“

Haha, mendengar istilah di atas pasti Anda sudah berasumsi bahwa arek ITS itu jorok. Mandi saja suka telat apalagi pekerjaan yang lain. Tapi jangan salah paham dulu ya kawan. Mereka mandi di malam hari bukan tanpa alasan. Ada beberapa sebab mengapa mereka harus dan terpaksa mandi malam. Yang pertama anak ITS itu suka pulang malam. Emang kuliahnya sampe malem ya? Emm, ya mungkin itu salah satu penyebabnya tapi bukan itu yang utama. Setelah selesai kuliah, sebagian besar mahasiswa ITS lebih memilih menyibukkan diri dengan hal-hal yang positif daripada langsung pulang ke kos. Ada yang aktif di ORMAWA, UKM, komunal sama senior (only MABA), praktikum, bahkan tidak sedikit pula mahasiswa ITS yang mulai terjun mengajar di masyarakat.

2.      Pola Hidup Sederhana J

Ini dia satu poin plus yang dimiliki mahasiswa ITS. Mereka dikenal sebagai mahasiswa yang sederhana, terutama soal makan. Coba tanyakan kepada mahasiswa ITS, “kamu suka makan di KFC atau di warteg?”. Sudah pasti jawabanya ya makan di warteglah. Secara lebih murah, lebih banyak porsinya dan bermacam-macam pula menu makananya. Wkwk, emang dasar jiwa anak kos sejati yaa :D Arek ITS juga tidak terlalu suka diajak ke mall, padahal kampus ITS itu di kelilingi mall-mall yang menjulang tinggi. Mereke lebih suka menghabiskan waktu luangnya untuk untuk kegiatan yang lebih bermanfaat. Sangat berbeda bila dibandingkan dengan mahasiswa UNAIR. Yaa, pasti bisa menilai sendiri lah yaa. Dari penampilan luar dan pergaulanya saja sudah kelihatan :D

3.      Selalu Membawa Tas Punggung yang Besar -_-

Kalo gak percaya bisa dibuktikan sendiri kok. Coba main ke kampus ITS. Lihat dan amati sekeliling Anda. Sejauh mata Anda memandang, yang terlihat pasti mahasiswa ITS yang sedang memakai tas punggung besar. Entah apa isinya saya juga kurang tahu hehe. Pernah suatu ketika saya membuka tas teman sejurusan, dan isinya hanya buku-buku tebal beserta laptopnya. Subhanallah sekali ya teman. Ternya mahasiswa ITS itu gemar sekali membaca buku (positif thinking). Pantas saja tas punggungnya besar-besar dan isinya tidak lain dan tidak bukan adalah buku. Tak terkecuali dengan mahasiswinya teman. Bandingkan dengan mahasiswi perguruan tinggi yang lain. Mereka bermode layaknya cewek yang hendak jalan-jalan ke mall.

4.      Hobi banget main PES (man only) :D

Salah satu game computer yang paling disukai dikalangan mahasiswa ITS adalah PES (Pro Evolution Soccer). Begitu juga dengan saya :D Bagi sebagian besar mahasiswa ITS yang ngekos, PES sudah menjadi hiburan rutin setelah seharian sibuk dengan urusan kampus. Game ini seolah-olah sudah mendarah daging pasalnya game ini sangat mudah dimainkan dan cocok dimainkan rame-rame. Game ini juga bisa merusak mental jika tidak digunakan sesuai kebutuhan. Tak sedikit mahasiswa ITS yang terjerumus ke “lubang hitam” gara-gara game ini. Waktu seakan menjadi tidak penting jika bermain game ini. Yah, intinya sesuatu yang baik tapi jika tidak digunakan sesuai kebutuhan pasti akan menjadi buruk.

5.       Internet Gratisan

99% mahasiswa teknik punya laptop. Kalaupun tak punya bisa minjem punya teman. Kalau tak punya laptop, mahasiswa akan rugi. Karena selain mempermudah dalam hal belajar, laptop juga dibuthkan untuk ngenet. Karena di fakultas teknik hotspot internet aktif 24 jam. Siapa bilang itu gratis? Uang kuliah yang kita bayar tiap semester, itu dia. Jadi, memakai atau tidak memakai fasilitas kampus, kita tetap membayar. Pukul rata. Sayang kan jika hotspot kampus di biarkan mengendap begitu saja. Gunakan sebaik-baiknya untuk menunjang kegiatan kuliah maupun kegiatan positif lainya

6.       Aktif di Kegiatan Ekstrakulikuler

Siapa bilang sukses di kampus berarti melulu menghadapi setumpuk buku? Mahasiswa yang sukses juga aktif dalam berbagai kegiatan luar ruangan seperti di unit kegiatan mahasiswa (UKM) dan Organisasi Mahasiswa (ORMAWA). Aktivitas ini justru meningkatkan kepuasan seseorang tentang pengalaman kuliah mereka. Kegiatan yang seperti ini justru bisa mengasah soft skill yang mungkin masih terpendam pada diri kita. Siapa yang berani menjamin kalau IPK bagus bisa gampang cari kerja. IPK sebatas hanya persyaratan awal saja dan tidak lebih dari itu. Selebihnya yang dilihat adalah pengalaman kerja ketika berstatus sebagai mahasiswa. Dan ITS melahirkan mahasiswa-mahasiswa yang dikenal tidak hanya pandai dari segi akademiknya tetapi juga ulet dalam hal berorganisasi.

7.      Suka Nginep di Kampus

Mahasiswa ITS itu biasanya suka ‘nginep’ di kampus. Kalau masih tahun pertama biasanya masih belum seberapa betah di kampus. Baru memasuki tahun kedua atau ketika mahasiswa sudah mulai menjadi admin lab/asisten lab satu per satu mulai ada yang rajin bermalam di lab. Bagi teman-teman saya yang kuliah di kampus lain, menginap di kampus mungkin suatu hal yang aneh. Teman-teman saya yang kuliah di Undip, UGM, dan ITB hampir tidak ada yang suka ‘nginep’ di kampus. Entah karena tidak ada tempat yang bisa digunakan untuk menginap atau karena alasan lain yang tidak saya tahu, yang jelas mereka hampir tidak pernah menginap di kampus.

Koneksi internet dan AC mungkin salah satu faktor utama mengapa banyak sekali mahasiswa ITS yang suka bermalam di lab. Bahkan tidak jarang ada mahasiswa yang sampai bawa handuk dan perlengkapan mandi di kampus. (kos-kosan?)

*****

Terlepas dari kebiasaan itu semua, setiap mahasiswa di perguruan tinggi mana pun pasti mempunyai keunikan masing-masing. Yang terpenting kita bisa mengambil keputusan berdasarkan kebiasaan-kebiasaan tadi mana yang paling baik dan bermanfaat ketika diterapakan. Harapanya dengan kebiasaan-kebiasaan yang baik, mahasiswa bisa menjadi lebih produktif dan berwawasan luas.


-Salam Mahasiswa-


Wassalamu'alaykum Wr. Wb.

18 comments

Sekarang mahasiswa ITS pada doyan ke mall kok. Haha... Salah satunya buat nonton. Terus soal kebiasaan nginep di kampus, saya lebih suka nginep di kontrakan temen2. Soalnya di kampus, nyamuknya gak santai. Salam kenal, hehe.

Reply

Haha, paling juga sebagian. kalo nonton itu udah beda kasusnya :D saya kalo nonton mah juga suka. Nginepnya mahasiswa di kampus itu demi wifi gratis hehe. salam kenal juga yaaa, situ mahasiswi ITS?

Reply

emang di perblehkan ya nginep di kampus , enak juga kalau bisa mau belajar rame rame bisa di kampus sampai malam

Reply

So pasti boleh gan. Kan kita udah bayar juga, sebisa mungkin manfaatkan fasilitas yang ada di kampus buat hal-hal yang positif gan

Reply

Wah,Kegiatan saya semuanya ada di atas gan ,gak nyangka ada yg share ginian....wkwkw!!

Reply

hehe, pengalaman ane itu gan :D makanya iseng-iseng aja saya nulis ini. Hidup mahasiswa ITS

Reply

nyimak aja gan..mampir ya gan, ada kopi :)

Reply

Haha selamat datang di blog saya gan semoga betah lama-lama disini yak :D Saya siap meluncur ke TKP -->

Reply

Nginep di kampus? Berarti gerbang buka 24 jam dan ada ruang/penerangan/colokan segala macam ya. Bisa tidur sambil download pula? :)

Reply

Yups nginep di kampus. Gerbang terbuka 24 jam fasilitas tersedia semua dan yang pasti boleh nginep sambil download haha

Reply

Beda Banget sama Undip, hahaha. Salam Kenal (y) , Sering2 main ke Blogku juga Ya :D

Reply

Salam kenal juga :) emang kalo undip gimana yaaa? ceritain dong gan...

Reply

Salam kenal kak saya maba its 2015 hehe

Reply

Salam kenal saya juga maba its 2015

Reply

Salam kenal saya juga maba its 2015

Reply

Jurusan apa dek? Semangat GERIGI sama OK2BKnya hehee

Reply

wah seru ya dengar cerita kk its, saya juga berminat kuliah di its , kalau boleh tau apa mahasiswa d4 teknik mesin boleh lanjut k s2 teknik mesin its, syarat nya apa aja min, terimakasi . salam mahasiswa polsri

Reply

Sebelumnya terima kasih sudah berkunjung :D Menjawab pertanyaannya agan, setahu saya kalo dari D4 mau lanjut ke s2-nya ITS gak bisa gan. Kalo mau bisa lanjut ke s2 terapan di PENS (politeknik sebelahnya ITS). Itu saja setahu saya hehe

Reply

Post a Comment

Notes from Admin :
- Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel
- Tidak diperbolehkan Untuk Mempromosikan Barang Atau Berjualan
- Komentar dilarang mengandung konten sara, pornografi, kekerasan, pelecehan dan sejenisnya
- Bagi Komentar Yang Menautkan Link Aktif Dianggap Spam
- Silahkan Follow Blog ini 100% saya Akan Follow back