Pentingnya Mentoring bagi Mahasiswa

Assalamu'alaykum Wr. Wb.




Mahasiswa. Nama itu begitu didamba oleh mereka yang ditelantarkan di jalanan kota. Gelar itu sangat dicita oleh mereka yang mendamba ilmu namun tak mampu untuk merasakan manisnya pendidikan. Ia membuat mereka yang diterima atau tidak menjadi mahasiswa meneteskan bulir-bulir air mata.


Lalu? Ada yang bertanya. Kemana para intelektual muda yang diharapkan dapat memperbaiki kehidupan umat ini? Adakah mereka yang setiap malam larut dalam music diskotik yang memekakkan telinga dan membakar syahwat? Adakah mereka yang hanyut dalam lautan mabuk akan hisapan heroin yang katanya bias membuat terbang ke khayangan? Adakah mereka yang setiap hari melakukan update status “Malam mingguan bersama kekasihku” di situs jejaring social? Adakah mereka yang senantiasa menyuarakan  hal yang tampaknya sebuah kebenaran namun sebenarnya ia adalah kebatilan yang dikemas dalam bentuk yang berbeda? Adakah mereka yang senantiasa menyuarakan kebaikan hanya duduk dengan formasi melingkar di masjid lewat teori “harus begini, tidak begitu” tanpa gerak nyata? Ataukah mereka yang tak bisa tinggal diam jika kemungkaran terjadi di hadapannya?

Dimanakah kau ingin berada, sahabat? Hidup ini pilihan. Jalan mana yang ingin kau pilih? Ridha atau murka-Nya? Cinta atau benci-Nya? Azab atau ampunan-Nya? Terserah. Tapi jangan sampai kau mengatakan “Ya Allah, kembalikanlah kami ke dunia agar kami dapat beramal shaleh” sebagai bentuk penyesalan di akhirat kelak.

Hidup ini adalah perjuangan. Dan perjuangan itu pahit. Tahukah kau mengapa perjuangan itu pahit? Karena surge itu manis! Dan manis tidak akan pernah dapat dirasakan oleh mereka yang belum pernah merasakan menelan pil pahit.

Oleh karena itu, kami mengajak diri kami sendiri dan mahasiswa muslim untuk senantisa mensyukuri nikmat Allah berupa Islam, Iman, kecerdasan dan kesempatan. Ada banyak cara bagaimana kita bias mensyukuri nikmat Allah. Salah satunya adalah selalu meningkatkan kualitas iman dan taqwa kita. Mentoring adalah wadah yang tepat agar kita terus bisa menambah ilmu sekaligus me-recharge iman kita setiap saat kapanpun kita butuh. Sekali lagi, dengan rasa syukur, mari kita menuju kemenangan dalam naungan cinta-Nya. Hayya ‘alal Falah…

Sebelumnya apa sih mentoring itu? Kenapa harus mentoring? Apa keutamaan yang ada dalam mentoring itu dan apa manfaatnya bagi kita?

Pengertian Mentoring Keislaman

Mentoring merupakan salah satu sarana tarbiyah islamiyah (pembinaan islami) yang di dalamnya ada proses belajar dan orientasinya adalah pembentukan karakter dan kepribadian islami peserta mentoring. (Ruswandi & Adesyasa, 2007, p. 1)

Jika kita memperhatikan dan membandingkan antara definisi mentoring, dapat diketahui persamaan dari tiap mentoring adalah sama-sama berkehendak untuk membentuk, mengarahkan dan membimbing sesuatu atau seseorang untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Maka ini yang menjadi acuan dan penyamangat bagi para mentee untuk tetap melanjutkan mentoring hingga lulus sekolah , kuliah bahkan hingga menikah dan berada di liang lahat. Karena  bagi orang yang tidak punya mentor, maka tidaka ada forum lingkaran yang akan terus memantau dan menasihari jika kita melakukan kesalahan.

Dalil Pentingnya Mentoring

Dalam ayat cinta Allah berfirman,

Artinya : “Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.”(QS. Al ‘Ashr [103]:1-3)

Disebutkan dalam ayat suci ini bahwa syarat agar kita menjadi orang yang beruntung adalah:

    Beriman
    Beramal shaleh
    Saling manasihati dalam kebaikan
    Saling menasihati dalam kesabaran.

Dalam mentoring, terjadi kegiatan saling menasihati antara mentor dengan mentee maupun antara mentee dengan mentee. Kata “saling” di sini artinya tidak hanya mentor yang memberi nasihat kepada mentee, tetapi mentor juga harus mau dan siap dinasihati oleh mentee. Dan ini adalah kemampuan dasar mentor dalam mentoring.

Ruang Lingkup Mentoring

Tujuan Mentoring:
Siswa Muslim memperoleh pemahaman tentang Islam dan bersemangat untuk beribadah kepada Allah dengan benar. (Ruswandi, 2007:2)

Sasaran Mentoring:
Untuk remaja Muslim dan dibimbing oleh para mentor yang terlatih dan terkontrol perkembangannya.

Pelaksanaan:
Dilaksanakan satu pekan sekali selama 1-2 jam.

Metode dalam Mentoring

    Fun
    Nyaman
    Sesuai karakter remaja
    Modern
    Tidak Membosankan

Demikian kawan, semoga menginspirasi kita semua. Semoga kita terus berubah dalam kebaikan dan selalu lindungan-Nya...

Aamiin...
Lanjut baca Tips Memulai Mentoring...
Wassalamu'alaykum Wr. Wb.

Post a Comment

Notes from Admin :
- Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel
- Tidak diperbolehkan Untuk Mempromosikan Barang Atau Berjualan
- Komentar dilarang mengandung konten sara, pornografi, kekerasan, pelecehan dan sejenisnya
- Bagi Komentar Yang Menautkan Link Aktif Dianggap Spam
- Silahkan Follow Blog ini 100% saya Akan Follow back